Berikut latihan soal pembelajaran teks laporan hasil percobaan
Silakan
kerjakan soal-soal berikut dengan memilih satu jawaban yang paling benar!
1.
Bacalah kedua cuplikan teks laporan berikut!
Laporan I. Kondisi kebersihan lingkungan
di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan
tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik . Setiap
rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat
sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah
setiap tiga hari sekali. Setiap satu bulan sekali warga perumahan Alam Permai
melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar
perumahan.
Laporan II. Perjalanan kami dari Medan ke
Prapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin
meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Prapat, itu kan
jauh dari Medan. Padahal bias aja hang
out ke café di sekitar kota Medan toh sama aja rasanya. Ternyata
melepaskan rasa galau di café dengan keindahan alam yang natural beda
rasanya. Prapatlah tempat kealamian yang masih ada. Prapat merupakan pintu
masuk ke Danau Toba, tempat di Sumatra Utara.
|
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan
laporan tersebut adalah ….
A. Laporan I :
efektif, laporan II: tidak efektif C.
Laporan I : baku , laporan II : tidak baku
B. Laporan I :
mudah dipahami, laporan II: berbelit-belit. D.
Laporan I : santai, laporan II : resmi
2.
Bacalah cuplikan teks berikut!
Aktivitas belajar bukanlah suatu kegiatan yang dilakukan tanpa
pengaruh dari faktor lain. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang
melibatkan unsur jasmani dan rohani. Belajar tidak akan pernah dilakukan
tanpa suatu dorongan yang kuat, baik dalam dirinya yang lebih utama maupun
dari luar sebagai upaya lain yang tidak kalah pentingnya. Faktor lain yang
mempengaruhi aktivitas belajar seseorang itu dalam pembahasan ini disebut
motivasi. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktivitas
belajar siswa. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada
motivasi berarti tidak ada kegiatan belajar.
|
Ringkasan
kutipan tersebut adalah …
A.
Aktivitas
belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan dari luar diri.
B.
Aktivitas belajar melibatkan unsur jasmani rohani yang
dipengaruhi motivasi.
C. Tidak ada
seorang pun yang belajar tanpa motivasi untuk hidup lebih baik.
D.
Aktivitas
belajar seseorang sangat dipengaruhi oleh semangat untuk maju.
3.
Bacalah cuplikan teks berikut!
(1) SMP Merdeka
akan mengikuti lomba sekolah hijau. (2) Salah satu kriteria penilaian adalah
jumlah tanaman di sekolah. (3) Pengurus OSIS menyatakan kesiapannya untuk
mengikuti lomba tersebut. (4) Namun, beberapa guru tidak sependapat karena
tanaman yang dimiliki belum cukup untuk dilombakan.
|
Kalimat yang menyatakan mendukung terdapat pada nomor....
A. (1) B
. (2) C. (3) D. (4)
4.
Perhatikan teks berikut!
Animo
masyarakat untuk mendapatkan uang baru atau uang rupiah Tahun Emisi (TE) 2016
cukup tinggi. Namun Bank Indonesia belum siap sepenuhnya menggelontorkan uang
baru tersebut termasuk ... di ATM.
|
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang pada laporan di atas adalah ... .
A. disediakan B.
tersedia C. menyediakan D.
disediakannya
5.
Perhatikan data berikut!
§ Pemimpin
upacara menyiapkan barisan.
§ Bel masuk
sekolah berbunyi tiga kali.
§ Semua siswa
kumpul di lapangan upacara.
|
§ Setelah 1
jam, akhirnya siswa kembali ke kelas.
§ Pembina
upacara memberi pidato tentang Hardiknas.
|
Data-data tersebut akan
menjadi laporan yang baik terdapat pada paragraf laporan ....
A. Semua siswa
kumpul di lapangan upacara. Pemimpin upacara menyiapkan barisan. Setelah 1
jam, akhirnya siswa kembali ke kelas.
Pembina upacara memberi pidato tentang Hardiknas. Bel masuk sekolah berbunyi
tiga kali.
B. Bel masuk
sekolah berbunyi tiga kali. Pemimpin upacara menyiapkan barisan. Pembina
upacara memberi pidato tentang Hardiknas. Semua siswa kumpul di lapangan
upacara. Setelah 1 jam, akhirnya siswa
kembali ke kelas.
C. Bel masuk
sekolah berbunyi tiga kali. Semua siswa kumpul di lapangan upacara. Pemimpin
upacara menyiapkan barisan. Pembina upacara memberi pidato tentang Hardiknas.
Setelah 1 jam, akhirnya siswa kembali ke
kelas.
D. Semua siswa
kumpul di lapangan upacara. Setelah 1 jam,
akhirnya siswa kembali ke kelas. Pemimpin upacara menyiapkan barisan.
Pembina upacara memberi pidato tentang Hardiknas. Bel masuk sekolah berbunyi
tiga kali.
6.
(1)
Sungai Serayu bersih dan alami, (2) Airnya jernih dan pemandangannya
indah, (3) Di pinggir sungai terdapat bebatuan
Teks laporan yang tepat berdasarkan data tersebut
adalah…
A. Sungai Serayu
tampak bersih dan alami. Sungai itu berair jernih. Pemandangan di sekitar
sungai pun tampak indah. Tidak terdapat sampah sedikit pun di sekitar sungai
itu. Di pinggirnya, terdapat bebatuan yang ditumpuk rata dan rapi. Orang-orang
yang biasanya mancing di sekitar sungai itu biasanya duduk-duduk di atas batu
tersebut.
B.
Semua orang mengetahui kalau Sungai Serayu itu bersih dan alami.
Sungai tersebut terlihat bersih dan alami karena selalu dibersihkan. Oleh
karena itu, setiap hari banyak sekali orang yang datang ke sana untuk
memancing.
C. Sungai Serayu
tampak bersih. Walaupun air sungai ini jernih dan tidak ada sampah sedikit pun,
tetapi tampak kurang indah. Di pinggirnya terdapat bebatuan yang ditumpuk ala
kadarnya dan tidak rapi. Orang-orang yang memancing di sekitar sungai itu
biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.
D. Sungai
Serayu merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Provinsi Jawa
Tengah. Sungai yang berhulu di dataran tinggi Dieng dan memiliki panjang
sekitar 30 km ini melintasi lima kabupaten, di Jawa Tengah.
7.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Sejarahnya Terbentuknya Danau Toba
1) Danau ini
diperkirakan meletus sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan
letusan supervolcano (gunung berapi
super) yang paling baru.
2) Danau Toba
pada mulanya adalah sebuah gunung berapi.
3) Debu vulkanik
yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika
Selatan.
4) Bill Rose dan
Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa
bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km3,
dengan 800 km3 batuan ignombrit dan 2.000 km3 abu
vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu
5) Letusannya
terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan
laut.
|
Kalimat-kalimat
tersebut dapat disusun menjadi teks
laporan yang padu dengan urutan nomor….
A. 1)-2)-3)-4)-5) B. 2)-1)-4)-3)-5
C. 2)-1)-3)-4)-5) D. 4)-2)-1)-3)-5)
8.
Perhatikan cuplikan teks berikut!
Dengan
demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk
remaja yang ( ... ). Mereka akan bisa bersaing, baik di tingkat nasional
maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter
kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat
secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.
|
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A. Hebat B. Kuat C. Kokoh D. Unggul
9.
Bacalah teks
berikut!
Laporan
tentang kelelawar
|
Catatan informasi
|
Kelelawar
merupakan mamalia.
|
Jenis hewan
|
Mereka
satu-satunya mamalia yang dapat terbang.
|
Golongan
hewan
|
Ada lebih
dari seribu jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga
panjang, kelelawar ekor tiga, dan kelelawar buah.
|
Jenis
kelelawar
|
Kelelawar
mirip tikus. Saat terbang bersama, mereka mirip tikus terbang.
|
.............................
|
Beberapa
kelelawar makan buah, ikan, dan kaktus.
|
.............................
|
Kelelawar
dapat mendengar dari jarak satu kilometer.
|
.............................
|
Mereka jenis
nokturnal.
|
.............................
|
Kelelawar
melihatdengan pupil. Oleh sebab itu mereka membuka matanya lebar-lebar untuk
melihat.
|
Kapasitas
melihat
|
Urutan yang
tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah... .
A. Penampilan
fisik, jenis makanan, kapasitas mendengar, hewan malam.
B. Jenis makanan,
penampilan fisik, kapasitas mendengar, hewan malam.
C. Hewan malam,
jenis makanan, kapasitas mendengar, penampilan fisik.
D. Penampilan
fisik, jenis makanan, hewan malam, kapasitas mendengar.
Teks I. Burung merpati
adalah salah satu hewan dalam kelas aves
yang paling banyak tersebar di dunia. Hampir di seluruh bagian dunia kecuali
antartika dapat ditemukan burung merpati. Hal ini dikarenakan kemampuan
adapatasi hewan ini yang sangat sempurna sehingga mereka dapat hidup di mana
saja seperti di hutan, di perumahan, bahkan di tengah-tengah kota besar. Burung ini termasuk kedalam kelompok
burung berukuran sedang. Panjang burung merpati dewasa mencapai sekitar 25
hingga 30 cm dan beratnya antara 750 gram hingga 800 gram. Di beberapa daerah
dapat ditemukan merpati yang berbobot hampir mencapai 1 kg. Hal ini dikarenakan
mereka adalah merpati peliharaan manusia.
Teks II. Pohon jeruk
nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri
berwarna putih kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau bulat telur,
pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5 – 9cm, lebar 2
– 5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 5mm,bersayap, berwarna
hijau. Bunga majemuk atau tunggal, berada di ketiak daun atau diujung batang,
diameter 1,5 – 2,5 cm. Kelopak bunga berbentuk mangkok, berbagi empat sampai
lima, diameter 0,4 – 0,7 cm, berwarna putih kekuningan. Panjang benangsari 0,35
– 0,40 cm, keduanya berwarna kuning. Bakal buah berbentuk bulat, berwarna hijau
kekuningan. Tangkai putik berbentuk silindris, kepala putik berbentuk bulat
berwarna kuning. Daun mahkota berjumlah empat sampai lima, berbentuk bulat
telur, panjang 0,7 – 1,25 cm, saat muda berwarna hijau, setelah tua berwarna
kuning. Akar tunggang berbentuk bulat berwarna putih kekuningan
10.
Perbandingan penggunaan bahasa kedua teks laporan
tersebut adalah ...
A. Teks I ; menggunakan
kalimat-kalimat tunggal, Teks II ; menggunakan
kalimat-kalimat majemuk.
B. Teks I ; menggunakan
kalimat definisi dalam menjelaskan suatu hal, Teks II ; menggunakan kalimat
rincian dalam menjelaskan
C. Teks I ; bahasanya
lebih singkat, padat, dan menampilkan banyak data angka, Teks II ; bahasanya
berbelit-belit dan terlalu banyak data angka
D. Teks I ; menggunakan
banyak tanda baca untuk penekanan makna/intonasi,
Teks II ; menggunakan sedikit tanda baca sebagai intonasi untuk menekankan
maksud/isi
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete1.A
ReplyDelete2.B
3.B
4.D
5.C
6.A
7.B
8.A
9.A
10.B
1 A
ReplyDelete2 B
3 C
4 C
5 A
6 B
7 D
8 C
9 C
10 B
1.B
ReplyDelete2.B
3.A
4.D
5.A
6.B
7.B
8.A
9.A
10.B
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
1.C
ReplyDelete2.B
3.C
4.D
5.C
6.A
7.C
8.B
9.A
10.B
1.C
ReplyDelete2.B
3.C
4.D
5.C
6.A
7.C
8.B
9.A
10.B
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
ReplyDelete1. C
2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
1. A
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. B
8. A
9. A
10. B
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
1.A
ReplyDelete2.B
3.C
4.C
5.A
6.B
7.D
8.C
9.C
10.B
1.A
ReplyDelete2.B
3.B
4.D
5.C
6.A
7.B
8.A
9.A
10.B
1.A
ReplyDelete2.B
3.B
4.C
5.D
6.A
7.B
8.B
9.D
10.c
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
1. C
ReplyDelete2. A
3. C
4. C
5. C
6. A
7. B
8. D
9. B
10. B
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
ReplyDelete1. C
2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B
1. C
ReplyDelete2. B
3. C
4. D
5. C
6. A
7. C
8. B
9. A
10. B